Cara Cepat Menginstall Windows 10 Di PC Dan Laptop Beserta Gambarnya

How to Install Windows 10 on PC and laptop.installer windows 10. Tutorial Cara Menginstall Windows 10 Beserta Gambarnya. Bingung bagaimana menginstall Windows 10 di Komputer (PC) atau Laptop? inilah Tutorial menginstall Windows 10 dengan mudah dan lengkap.

Buat kamu yang mau baru mencoba menginstall windows 10 atau mau memperbaiki installan windows 10 di komputer (PC) atau Laptop karena windwos 10 yang saat ini eror dan berniat untuk menginstall ulang windows 10.

Berikut panduan lengkap acara menginstall windows 10 di Komputer (PC) dan Laptop.
Pertama masukan CD installer windows 10 kedalam CD Rom komputer atau Laptop. selanjutnya silahkan restart komputer atau laptop. kemudian setelah di restart segera langsung teken tombol hotkey pada keyboard untuk masuk ke dalam menu BIOS. Tombol Hotkey untuk masuk ke dalam menu BIOS bermacam-macam, mulai dari tombol F2,F4,F8,F10,F12 dan tombol DELETE.
 
Pilih salah satu di antara yang saya sebutkan dengan cara menekan secara berulang-ulang dengan cepat sampai menu BIOS muncul. tekan tombol hotkey dengan cepat agar bisa masuk ke dalam menu BIOS. Jika terlambat menekan tombol hotkey, silahkan restart ulang kembali PC atau Laptopnya.
jika sudah berhasil masuk ke dalam menu BIOS pada layar komputer atau laptop akan tampil seperti gambar di bawah ini.


Pilih BOOT dengan cara menggeser pilihan dengan menekan tanda panah pada keyboard dan tekan ENTER


Selanjutnya ubah susunan BOOT untuk yang paling atas silakan pilih CD-ROM Drive jika anda menginstal menggunakan DVD maka setting CD/DVD diurutan atas dan susunan boot untuk yang paling atas Removable Disk (untuk install pakai Flashdisk). Dan booting yang di urutan dua adalah HDD/Hardisk.


Jika sudah semuanya terususn dengan benar, lalu pilih Save dan Exit. Dengan cara menekan F4 atau F10 dan pilih YES. kemudian komputer atau laptop akan merestart ulang.

Setelah komputer atau laptop kembali menyala, maka pada layar akan terlihat pesan “Press any key to boot from DVD or USB“. Tekan ENTER untuk memulai instalasi windows 10.


Sedang loading memulai penginstallan windows 10



Setelah tampil layar seperti gambar di atas.
pilih bahasa yang ingin Anda gunakan (Language to install)
Waktu dan Mata Uang (Time and Currency format)
masukan perangkan masukan (Keyboard or input method) kemudian klik tombol Next.

Selanjutnya klik INSTALL NOW


Kemudian pada layar monitor akan tampil seperti gambar diatas, kita diminta untuk memasukan kunci produk (product key). Masukan nomer product key lalu klik tombol Next. Namun kita tidak memiliki product key, kita dapat melewatinya dengan cara mengklik tombol Skip.


Selanjutnya pilih Windows 10 Pro dan klik Next.


Selanjtunya centang pada  I accept the license terms. Lalu klik Next. 
Lalu akan terdapat dua pilihan, yaitu upgrade dan custom. 



 Upgrade: Menginstall Windows 10 tapi tidak hapus file yang sudah ada pada drive
Custom: Menginstall Windows 10 dan menghapus semua file yang ada sebelumnya pada drive.

Karena kita akan menginstall ulang komputer/laptop kita, Pilih CUSTOM karena kita akan menginstall ulang windows 10.

Selanjutnya pada pembagian partisi. partisi adalah sangat Penting! kita harus teliti dan berhati-hati, jangan sampai salah pilih.


Jika hardisk yang di gunakan masih kosong belum di partisi. silahkan membagi hardisk dengan dengan beberapa partisi, bisa 2 partisi, 3 partisi pertama untuk Drive C;/, untuk system. Yang kedua Drive D:/, untuk menyimpan data dan yang ketiga Drive E:/ untuk menimpan data juga.


Pilih drive tersebut lalu klik tombol NEW, pada size misalkan kita masukan 100 GB. Kemudian klik tombol Apply. ulang lagi dengan mengklik NEW untuk membuat partisi yang baru.

Jika sebelummnya hardisk sudah di partisi silahkan Pilih Drive C lalu klik Format dan kemudian pilih Next.



Selanjutnya proses instalasi sedang berjalan. Tunggu sampai selesai
Saat proses instalasi sedang berjalan komputer atau laptop akan merestart sendiri berulang-ulang.Jadi tidak usah panik saat komputer atau laptop merestart sendiri saat menginstall windows 10.



kemudian anda diminta mengisi no serial, Silakan masukkan Product Key windows 10 , lalu klik Next. Jika tidak punya, silakan pilih Do this later. Anda bisa mengaktifkan windows 10 anda nanti.



Lalu akan di arahkan ke menu setting. Pilih “Use Express Settings”. dan tunggu beberapa saat hingga selesai.



Selanjutnya  muncul pilihan My organization atau I own it. pilih I Own It dan klik Next.



Kemudian akan diminta login dengan microsoft account. klik Skip This Step saja



Pada Create User Accounts, isikan NAMA dan juga Password. Jika komputer atau laptop tidak ingin di password, cukup kosongkan saja tidak usah di isi, kemudian klik Next.


Selanjutnya Tunggu loading sebentar, lalu kamu akan masuk ke dalam Windows.



Penginstallan windows 10 selesai

Demikianlah cara menginstall Windows 10 di komputer atau laptop. semoga bermanfaat. Terima kasih
First